Beranda > BERITA UTAMA, EKONOMI, SOSBUD > BPPP Bantu Kembangkan Pertanian NTT

BPPP Bantu Kembangkan Pertanian NTT

Kupang – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPPP) Departemen Pertanian (Deptan) RI siap membantu mengembangan pertanian di NTT.

Pertumbuhan pertanian secara signifikan hanya dapat dicapai dengan teknologi. Pertanian tidak bisa hanya mengandalkan peralatan konvensional. BPPP memiliki benih, pupuk dan alat yang bisa diadopsi oleh Pemerintah di NTT untuk mengembangkan pertanian di NTT. Demikian disampaikan Kepala Badan Litbang Deptan RI, Dr.Ir. Sumarjo Gatot Irianto, MS, DAA dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Provinsi NTT, Kabupaten Kupang dan Kabupaten TTS dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPPP) Departemen Pertanian (Deptan) RI tentang penelitian dan pengembangan sistem pertanian terpadu untuk mendukung program strategis Pemerintah Provinsi NTT di Kupang, Jumat (23/10/2009).

Lebih lanjut Gatot Irianto menjelaska, provinsi NTT memiliki potensi yang bagus dalam bidang pertanian, hanya kurang berkembang karena kurangnya air dan petani kurang rajin. Melalui teknologi pertanian, kondisi pertanian NTT bisa lebih maju dari sekarang.

“Tidak ada alasan untuk membuang air setetes pun saat musim hujan. Asal petani rajin dan mau menampung air, dengan bantuan teknologi dari BPPP, pertanian di NTT sing ade lawan ( tak ada lawan) “ Ungkapnya.
Sementara itu, Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya mengharapkan melalui Kerjasama dengan BPPP diharapkan dapat menghasilkan produksi benih agar tidak perlu mendatangkan benih jauh-jauh dengan biaya mahal. Dengan benih yang diciptakan sendiri, biaya produksi lebih murah dan hasilnya juga bagus karena benih cocok dengan kondisi iklim dan alam di NTT.

Penandatangan MoU merupakan tindak lanjut dari audiensi BPPP dengan Gubernur NTT pada 07 September 2009 tentang perlunya kerjasama dalam mengembangkan pertanian di NTT. Turut hadir dalam penandatanganan MoU adalah Ketua Sementara DPRD Provinsi NTT, Drs. Ibrahim Medah, muspida Provinsi NTT, serta SKPD terkait. (koko)

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: